Rabu, 14 Agustus 2013

Pressure Measurement

Tekanan merupakan salah satu variabel yang sering diukur dalam dunia industri. Selain untuk mengetahui nilai actual dilapangan tetapi juga untuk keamanan dan interlocking alat-alat lain yang bertujuan mengurangi resiko kecelakaan dan kerusakan mesin. Pengukurana tekanan mencakup tekanan uap, air, kondensor tekanan, tekanan minyak pelumas, dan banyak lagi (pacontrol, 2003).

Definisi tekanan adalah Gaya F yang bekerja atau terdistribusi pada suatu permukaan A (lestari, 2009). Ilustrasi ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 1. Gaya F yang bekerja di permukaan A.

Gambar di atas bisa di wakili dengan rumus di bawah ini :


Selain mengukur tekanan itu sendiri, pengukuran tekanan bisa juga mendefinisikan level suatu cairan, seperti yang ditunjukkan rumus dibawah ini :

Banyak satuan tekanan yang digunakan di industri, ini tergantung pada penggukuran jenis fluida yang diukur. Di bawah ini dapat dilihat satuan tekanan yang sering digunakan dan beserta convert nya.

Ada beberapa jenis pengukuran tekan yang digunakan anatara lain sebagai berikut :
  1. Tekanan Gauge
  2. Tekanan Absolut
  3. Tekanan diferensial
  4. Tekanan Compound
  5. TekananVacuum


Demikian tulisan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, apa bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan dan bertutur kata saya minta maaf, asslammu'alaikum Wr wb.


Daftar pustaka :
- Lestari, PD. Instrumentasi industri 1. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru. 2009
- pacontrol. BASIC INSTRUMENTATION MEASURING DEVICES AND BASIC PID CONTROL.http://www.pacontrol.com/download/BASIC-INSTRUMENTATION-MEASURING-DEVICES-AND-BASIC-PID-CONTROL.pdf. 2003. (Di akses: 15 Augustust 2013)


0 komentar:

Posting Komentar