Jumat, 23 Agustus 2013

Flow Measurement

Ada berbagai metode yang digunakan untuk mengukur laju aliran (flow rate) dan total fluida. Pengukuran flow rate dan total fluida terbagi dua yaitu pengkuran pada line pipa tertutup (in closed pipe lines) dan line pipa terbuka (open chanels and free surface pipe lines). Dengan adanya dua kondisi tersebut tentunya perangkat pengukuran flow bukan satu jenis/type yang digunakan. Pemilihan alat ukur flow ini harus sesuai dengan kondisi aktual dilapangan. Pada tulisan kali ini hanya membahas dasar-dasar pengukuran flow.

Flow rate adalah kecepatan suatu aliran fluida yang bisa dinyatakan dengan jumlah cairan per waktu (seperti liter/menit). Total flow biasanya disebut sebagai jumlah aliran yaitu jumlah atau banyaknya total aliran fluida yang melewati suatu media seperti pipa dan dinyatakan liter, ton, dan lain-lain. 

Secara umum equipment untuk mngukur laju aliran ini biasa disebut dengan flowmeter. Flowmeter adalah equipment atau perangkat yang mengukur jumlah cairan, gas atau uap yang melewati media pengantar seperti pipa dari satu tempat ketempat yang lain. 

Flowmeter terdiri dari perangkat utama, tranduser dan tramsmitter. Tranduser merasakan cairan yang melewati perangkat utama. Transmitter mengubah besaran fisik menjadi signal arus 4-20 mA. Komponen-komponen ini selalu dikombinasikan, sehingga flowmeter sebenarnya terdiri dari bebrapa komponen.

Pengukuran flow dapat dijelaskan oleh rumus di bawah ini

1. Q = A x v. dimana Q adalah volume fluida yang melalui flowmeter, A adalah luas penampang pipa,         dan v adalah kecepatan rata-rata fluida.
2. W = r x Q. dimana W adalah massa fluida yang melalui flowmeter, r adalah densitas fluida, dan Q         adalah volume fluida. 

Gambar 1. Dasar pengukuran flow
(Sumber : Febrianto, n.d)

Ada bebrapa equipment/perangkat yang digunakan untuk pengukuran flow di dunia industri antara lain oval gear, turbine flow meter, Vortex flow meter, magnetic flow, ultrasonic flowmeter, coriolis, dan differential pressure. Dan khusus diffrerential pressure terdiiri dari Orifice plate, dan nozzles. Untuk jenis-jenis flowmeter ini dan penempatannya akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Demikian tulisan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, apa bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan dan bertutur kata saya minta maaf, asslammu'alaikum Wr wb.

Sumber :
- Febrianto, D. Basic Fundamental Transmitters. PT Indah Kiat pulp and Paper tbk. Perawang. n.d.
- flowmeters. Flowmeters in General. http://www.flowmeters.com/. n.d. (Di akses : 23 Agustus 2013)
pacontrol. BASIC INSTRUMENTATION MEASURING DEVICES AND BASIC PID                                                       CONTROL.http://www.pacontrol.com/download/BASIC-INSTRUMENTATION-MEASURING-DEVICES-AND-BASIC-PID-CONTROL.pdf. 2003. (Di akses: 15 Augustust 2013)


0 komentar:

Posting Komentar