Sabtu, 04 November 2017

Instrumentation of Pressure Measurement

Dari pada pusing melihat carut marut keadaan sekarang ini lebih baik Wong Ndeso ini mengulang kaji ilmu pasti dan ini bukan ilmu multi tafsir. Dan ini dipastikan tidak akan membuat kegaduhan kegaduhan yang telah terjadi akibat multi tafsir ,,,tersebut hahaha. Tapi sebagai warga negara yang baik, kita juga harus melek politik dong itu baru anak zaman now. 

Instrumentasi industri  merupakan hal yang penting dalam automasi sebuah industri. Dengan adanya instrumentasi ini maka akan memudahkan manusia untuk mengukur besaran fisik tanpa menyentuh langsung ke objek yang diukur. Salah satu pengukuran yang dilakukan menggunakan alat intrumentasi industri adalah pengukuran tekanan.

Gambar 1. Pressure Gauge

Tekanan merupakan gaya yang bekerja pada suatu bidang per satuan luas bidang atau Gaya (F) yang terdistribusi pada suatu permukaan (A). Sauan internasional (SI) tekanan adalah pascal (Pa). Satuan ini sesuai dengan nama penemu nya yaitu seorang ilmuan Prancis yang bernama Blaise Pascal. Secara matematis tekanan dapat dinyatakan dalam persamaan di bawah ini :


P = F/A 

Keterangan :
P = Tekanan (Pa / N/m2)
F = Gaya Tekanan (N)
A = Luas bidang tekan (m2)

Selain itu tekanan yang di timbulkan oleh fluida diam, maka disebut tekanan hidrostatik. Tekanan hidrostatik adalah tekanan yang terjadi dibawah air. Tekanan ini terjadi karena adanya berat air yang membat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Pengukuran tekanan pada sebuah titik didalam sebuah cairan dapat dinyatakan dengan persamaan dibawah ini :

P=F/A = h.w

 

Keterangan :
h = Jarak dari permukaan ke titik P
w = Berat Cairan

Dari tekanan fluida, jarak dan density  yang diketahui maka akan dapat menentukan ketinggian atau level fluida tersebut dengan persamaan di bawah ini :

h = P/ρg

Keterangan :
h = Jarak dari permukaan ke titik P
P = Tekanan
ρ = Density
g =  Percepatan Gravitasi

Dalam dunia industri kita banyak mengenal satuan tekanan antara lain Psi, mmHg, inHg, inH2O, Kpa, Bar, dan atm. Untuk memudahkan kita, di bawah ini merupakan konversi satuan tekanan.




1 Psi  = 51,714  mmHg = 2,0359 inHg = 27,680 inH2O = 6,8946 kPa
1 Bar = 14,504 Psi
1 Atm = 14,696 Psi

Sedangkan untuk jenis pengukuran tekanan terbagi menjadi 5 yaitu Gauge, Absolut, Diferensial, Compound, dan Vacum. 



Setelah membahas basik dari pengukuran tekanan, selanjutnya kita akan membahas tentang sensor untuk pengukuran tekanan itu sendiri. Secara umum sensor tekanan terdiri dari 4 type yaitu antara lain sebagai berikut :
a. Shaped Bourdon Tube
b. Helical Bourdon Tube
c. Diaphragm
d. Bellows


Besok kita lnjutkan dengan karakteristik statis sensor.

 Sumber:
  • tatangsma.  Pengertian Tekanan dan Rumusnya. http://tatangsma.com/2015/03/pengertian-tekanan-dan-rumusnya.html
  • melanie. Tekanan. http://melanie-fisika13.blogspot.co.id/2012/01/tekanan.html
  • Lestari P.D, Instrumentasi Industri I. Universitas Sultan Syarif Kasim Riau. 2008

0 komentar:

Posting Komentar